Installasi PHP, MySQL, & Apache dengan xampp

Installasi PHP, MySQL, & Apache dengan xampp | Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana cara menjalankan PHP, MySQL dan Apache secara bersamaan. Ada 2 opsi sebetulnya, pertama anda menginstall ketiga aplikasi tersebut satu persatu, dan kemudian mengkonfigurasikan satu persatu aplikasi-aplikasi tersebut sampai semuanya terintegrasi, tentunya hal ini benar-benar merepotkan, dan opsi yang kedua adalah dengan menggunakan server paketan yang didalamnya telah berisi PHP, MySQL, dan Apache, dan yang lebih mengasyikan lagi, paket ini gratis, beberapa paket yang terkenal adalah, Sokkit, wammp, xampp, easyphp, apachetriad, dan masih banyak lagi, namun saya sendiri lebih prefer menggunakan xampp, karena sekali install, semua beres, tanpa harus konfigurasi lagi, yang menyenangkan adalah xampp sudah menyediakan Zend PHP Framework dan PHP Pear.

Oke kita langsung saja kepada praktik dalam menginstallasi xampp, sebuah paket yang berisi PHP, MySQL, Apache secara lengkap. xampp sendiri bisa langsung anda download di www.apachefriends.com

Sebelumnya perlu diketahui, Untuk OS Windows Seven dan seterusnya bisa langsung di install. tapi untuk OS Windows XP baik itu XP2 maupun XP3 biasanya membutuhkan program tambahan yakni Microsoft Visual C++ yang bisa di Download Langsung di Website resminya Microsoft yakni microsoft.com

Gambar 1.1 (Xampp Applcation Icon)

Nah kalau sudah melihat button install, tangan kita sudah gatal-gatal ingin segera mengkliknya, biarkan seperti itu saja, kemudian klik install. Sehingga nanti xamppnya akan terinstall secara otomatis di c:\xampp

Gambar 1.2 (Xampp Install Step 1)
Tunggu sampai progress bar nya selesai.....

Gambar 1.3 (Xampp Install Step 2)

Apakah anda ingin shortcut xampp control panel di letakkan di desktop ataupun start menu ? ketik y saja untuk yes kemudian enter.

Gambar 1.4 (Xampp Install Step 3)


Pertanyaan ini untuk memperbaiki direktori install, apakah sudah benar letak direktorinya? Ketik y saja kemudian enter.

Gambar 1.5 (Xampp Install Step 4)
Selanjutnya akan ada pertanyaan, apakah anda ingin memasukkan xampp kedalam flashdisk, sehingga xampp anda bisa digunakan secara portable, artinya anda dapat menjalankan secara portable, tidak perlu install lagi jika di jalankan dikomputer lain.

Bagi yang sudah mengerti diharapkan diam saja, penulis sedang menjelaskan ke orang yang belum mengerti. Mohon bersabar. .. :)

Ketik n saja untuk tidak, kemudian enter. Lalu diamkan sejenak.

Gambar 1.6 (Xampp Install Step 5)

Lalu Enter saja....

Gambar 1.7 (Xampp Install Step 6)
Tekan Enter lagi.....

Gambar 1.8 (Xampp Install Step 7)
Oke, terakhir ada pertanyaan apakah anda ingin menjalankan pilihan yang disediakan??
Tekan x kemudian enter untuk keluar dari install. jadi, jika anda mengikuti proses ini dan tampilannya sama dengan yang telah dijabarkan disini berarti anda telah selesai menginstall xampp.

Gambar 1.9 (Xampp Install Step 8)
Nah, selesai sudah installasi xampp versi 1.7.3, untuk menjalankan xampp anda bisa langsung double klik Xampp Control Panel di desktop. atau anda juga bisa mencarinya di start menu | xampp for windows kemudian klik xampp control panel.

Apache Start menu
Kemudian akan muncul jendela panel seperti ini.

Apache Control Panel
Mungkin anda bertanya-tanya, apa yang harus saya klik? Dalam mempelajari PHP dan MySQL kita cuma butuh dua services yang berjalan. Pertama adalah Apache, dan kedua Adalah MySQL. Apache inilah yang nantinya dapat menjalankan script PHP, dan MySQL adalah service yang digunakan untuk dapat membuat database mysql.

Oke yang perlu diklik adalah start di baris Apache dan Start di baris MySQL, sisanya digunakan untuk FTP, Email, dan bahasa yang lain selain PHP. Oke? Silahkan klik start apache dan start mysql. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini :

Xampp Control Panel Start Service
Jika sudah seperti ini, artinya anda telah berhasil menjalankan service apache dan mysql. Untuk mengetes apakah sudah benar-benar berhasil, anda bisa membuka browser internet favorit anda, di sini penulis menggunakan browser internet mozilla firefox. Kemudian ketikkan http://localhost di addressbar, kemudian enter. Apabila anda melihat tampilan yang sama seperti dibawah ini, anda sudah bisa bermain-main dengan PHP.

Tampilan awal halaman apache
Demikianlah tutorial Installasi PHP, MySQL, & Apache dengan xampp yang bisa kami bahas disini, semoga artikel ini bermanfaat, klo ada yang kurang jelas bisa corat coret di bawah.

Related Posts:

0 Response to "Installasi PHP, MySQL, & Apache dengan xampp"

Post a Comment